Saturday 29 April 2017

8.12 Konfigurasi VirtualHost dengan Nginx Di Centos 7 | DinoIT

Assalamualaikum Wr.WB kali ini saya akan memposting tentang Konfigurasi VirtualHost Dengan Nginx, Pos sebelumnya yaitu Konfigurasi Nginx Centos 7.

Jika Pada Beberapa pos sebelumnya saya sudah pernah mengkonfigurasikan virtualhost di centos 7, tetapi pada pos tersebut saya menggunakan apache pada konfigurasinya, dan kali ini saya akan menggunkan Nginx.

Untuk konfigurasi ini kita perlu mengkonfigurasikan BIND terlebih dahulu pada Centos nya, untuk Konfigurasi BIND kalian bisa mengunjungi Konfigurasi BIND Centos 7. Di dalam konfigurasi ini saya akan menggunakan 2 domain, jadi pada konfigurasi ini kita dapat membuat 2 website dengan tampilan yang berbeda meskipun menggunakan IP yang sama dan di Server yang sama. Dan untuk lebih jelasnya mari simak konfigurasi berikut.

1. Topologi

2. Buat file virtualhost

Langkah pertama kita untuk konfigurasi ini adalah membuat file dengan ekstesi .conf. yang terletak pada direktori /etc/nginx/conf.d/.

3. Isikan script

Setelah kita membuat nya, lalu kita isikan script berikut.
Penjelasan
listen berfungsi sebagai port pada web nya
Server_name adalah name server yang digunakan
root berfungsi sebagai lokasi halaman web tersebut
index adalah file index dari web nya.

4. Membuat direktori vhost

Setelah itu kita membuat direktori nya, kita buat direktori dengan nama sesuai dengan yang kita tuliskan pada root di file vhost.conf yang kita konfigurasikan tadi, disini saya membuat direktori nya dengan nama virtualhost.com & virtualhost.net.

5. Restart Nginx

Setelah itu kita restart nginx nya, jika berhasil kita restart maka konfigurasi tadi berhasil,

6. Membuat file .html

domain aldino.com

Sekarang kita buat file .html nya, file tersebut berfungsi sebagai tampilan halama web ketika kita akses nanti. pertama saya membuat file nya di direktori /usr/share/nginx/virtualhost.com, yang berarti saya membuat file tersebut sebagai tampilan halaman web untuk domain aldino.com.

domain aldino.net

Sekarang kita buat file .html nya, file tersebut berfungsi sebagai tampilan halama web ketika kita akses nanti. pertama saya membuat file nya di direktori /usr/share/nginx/virtualhost.net, yang berarti saya membuat file tersebut sebagai tampilan halaman web untuk domain aldino.net.

7. Akses Di Browser

Setelah itu kita buka client, lalu buka browser dan ketikan domainnya.
www.aldino.com 

www.aldino.net

Dengan begitu Konfigurasi VirtualHost dengan Nginx Di Centos 7 selesai.
Tunggu lanjutannya ya :3.
Jika ada masukan silahkan comment dibawah.
Semoga Blog ini bisa bermanfaat dan membantu.
Terima Kasih... ^_^
Wassalamualaikum Wr Wb

0 komentar:

Post a Comment